Cara Membuat Bunga Berdesain Quilling Paper dengan CorelDRAW

preview

Banyak dari kita mungkin belum tahu apa itu quilling paper. Quilling paper adalah seni yang menggunakan strip kertas sebagai bahan utamanya. Strip kertas tersebut digulung, dibentuk dan direkatkan hingga tercipta desain yang dekoratif.

Quilling-Wild-Flowers

Quilling Paper dari PaperCraftCentral.net

1. Buka lembar kerja baru di Coreldraw dari menu File >> New. Atau tekan Ctrl + N.

1. new file coreldraw

2. Buat sebuah lingkaran yang simetris (Tekan tombol Ctrl pada keyboard saat membuat lingkaran). Copy lingkaran tersebut dan letakkan disamping lingkaran yang pertama, buat kedua lingkaran tersebut bersinggungan.

 2. lingakran awal

3. Seleksi kedua lingkaran tersebut. Kemudian klik menu Arrange >> Shaping >> Intersect agar tercipta objek baru dari persinggungan kedua lingkaran tersebut.

 3. intersect in coreldraw

4. Sekarang kita musti membuat sebuah persinggungan lagi (waah banyak yang disinggung ya    -_-) antara lingkaran dengan objek yang kita intersect tadi, tapi ini di bagian bawahnya. Akan terbentuk objek yang mirip dengan bagian bawah setrika, tapi ini nanti akan membentuk bunga lho bukan setrika. Hapus kedua objek berbentuk lingkaran.

 4. intersect lagi

5. Klik dobel pada objek yang baru kita buat (atau tekan F10), dan kita akan berada pada mode Shape Tool. Hapus node yang ada di pojok kanan bawah dan pojok kiri bawah objek. Caranya, klik node/titik tersebut lalu tekan delete di keyboard.

5. hapus corner coreldraw

6. Masih dalam mode Shape Tool, rampingkan bagian bawah objek (gunakan panah berwarna biru untuk merampingkannya). Kemudian tarik ke bawah sedikit agar objek menjadi lebih lonjong.

 6. perhalus objek coreldraw

7. Salin objek yang baru kita buat menjadi 4 buah. Buat ukuran keempat objek menjadi besar ke kecil secara berurutan.

 7. copy coreldraw

8. Letakkan ketiga objek yang telah diperkecil diatas objek awal yang paling besar, objek dapat  dimiringkan selama tidak keluar garis objek awal. Buat juga sebuah lingkaran lonjong dan lingakaran simetris dengan Ellipse Tool. Kemudian sertakan kedua lingakaran tersebut berada diatas obje awal.

 8. objek quilling digabungkan

9. Nah sensasi quilling papernya sudah ada kan, hehe. Sekarang tekan Ctrl + A agar semua objek tersebut terseleksi, lalu tekan F12. Akan keluar jendela Outline Pen. Pilih warna merah agar outline bunga kita nanti berwarna merah.

9. outline pen dialog

10. Beri warna merah yang lebih gelap pada objek awal yang paling besar (R: 153  G:0  B:0). Kemudian seleksi semuanya, lalu tekan Ctrl + G agar semua objek menjadi satu kesatuan. Copy objek tersebut menjadi lima, atur posisinya agar terlihat seperti bintang. Jika palet warna Anda bukan RGB, Anda dapat menambahkan palet tersebut dari Menu Windows >> Color Palettes >> RGB Palette.

 10. bunga bintang

11. Buat sebuah lingkaran dengan Ellipse Tool, copy lingkaran tersebut hingga menjadi 9 bagian, perkecil ukuran masing-masing lingkaran yang dicopy seperti yang diterangkan pada langkah 7. Letakkan semua lingkaran yang telah diperkecil tadi diatas lingkaran yang paling besar. Ganti warna outline menjadi merah dengan Outline Pen Tools (F12). Dan ganti warna lingkaran awal dengan warna kuning kecoklatan (R: 255 G:204 B: 0) dari Color Palette.

 11. lingkaran

Seleksi semua lingkaran ini kemudian tekan Ctrl + G. Selanjutnya pindahkan objek lingkaran ini ke tengah-tengah objek bunga yang mirip bintang tadi, sesuaikan ukurannya.

 12. lingaran e tengah bunga

12. Sekarang kita buat dahannya, gunakan Bezier Tool dari Toolbox.

13. bezier tool

Saat pertama kali melakukan klik dengan Bezier tool, akan ada panah biru pada titik yang kita klik tersebut, tarik terlebih dahulu panah biru tersebut lalu tarik ke bawah dan sedikit menyamping ke kiri.

 14. titik awal bezier tool

13. Kemudian klik kira-kira 5 cm dibawah titik tersebut. Tarik lagi panah biru yang dibagian bawah keatas dan sedikit ke kanan. Sesuaikan lagi kemiringan obje dahan dengan panah biru tadi agar lebih ramping. Beri outline objek dahan dengan warna hijau menggunakan Outline Pen Tool (F12). Copy menjadi dua objek dan letakkan ia bersampingan.

15. objek dahan

14. Sekarang kita buat objek tanahnya. Cukup manfaatkan objek lingkaran yang kita buar pada langkah 11 tadi. Lonjongkan lingkaran tersebut ke kanan. Buat salah satu lingkaran tidak berada pada di dalam lingkaran awal (berarti harus di-Ungroup dulu, tekan Ctrl + U untuk melakukan Ungroup). Beri warna orange (R: 255 G: 102 B:0) untuk objek tanah tersebut.

16. tanah

15. Untuk membuat objek daun, kita hanya perlu memanfaatkan objek bunga yang kita buat pada langkah ke 10. Beri Outline warna hijau dengan Outline Pen Tool (F12). Dan warna hijau yang lebih tua (R: 0 G: 153 B: 51) dari color palette. Perkecil ukuran objek daun tersebut dan sesuaikan kemiringannya.

14. objek daun

16. Dengan Rectangle Tool, buat sebuah objek persegi panjang yang akan menjadi latar belakangnya. Beri warna abu-abu pada objek tersebut dan hilangkan outlinenya (Outline Pen Tool >> No Outline). Kemudian klik kanan pada objek tersebut, sorot menu Order dan Pilih To Back of Page agar objek persegi ini berada di lapisan paling bawah di layar.

17. end layer

17. Buat beberapa lingkaran dengan Ellipse Tool sebagai hiasan di bagian pinggir latar belakang. Ini akan mempercantik bunga kita. Beri lingkaran-lingkaran tersebut warna putih dan hilangkan outlinenya.

 18. penambahan objek lingkaran

18. Sekarang untuk sentuhan akhir, gunakan objek yang kita buat pada langkah ke 9 dan 11 untuk menjadi hiasannya. Ganti outline kedua objek tersebut menjadi putih dan tanpa warna sama sekali di tiap objeknya. Pada objek yang telah memiliki warna, klik tanda silang [X] di palet warna agar warnanya hilang.

Salin kedua objek tersebut menjadi 9 objek daun bunga dan 2 objek lingkaran. beri ukuran yang berbeda tiap objek dan atur juga kemiringannya hingga seperti di bawah ini. Selamat mencoba.

19. done

 

Iklan

3 responses to “Cara Membuat Bunga Berdesain Quilling Paper dengan CorelDRAW

  1. Ping-balik: Cara Membuat Mata Karakter Kartun / Animasi / Hewan dengan CorelDRAW | Keripik Citul·

  2. Ping-balik: Cara Membuat Puzzle Desain di CorelDraw | Keripik Citul·

  3. Ping-balik: Membuat Headband/Ikat kepala dengan Coreldraw | Keripik Citul·

Tulis Komentar atau pertanyaan disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s