Cara Membuat Stiker Bunga dengan CorelDRAW

Membuat bunga yang seperti stiker sebenarnya tidaklah susah. Kita hanya perlu mempertebal bunga yang kita buat dan memberikan sedikit bayangan.

preview

1. Pertama, buatlah sebuah lingkaran terlebih dahulu dengan Ellipse Tool. Copy lingkaran tersebut hingga menjadi 4 buah. Atur posisi mereka seperti posisi empat mata angin. Buat keempat lingkarant tersebut berdempetan.

1. lingkaran awal

2. Seleksi keempat lingkaran tersebut (atau tekan saja Ctrl + A). Klik kanan di objek yang kita seleksi tersebut, kemudian klik menu Arrange >> Shaping >> Weld (Atau klik saja ikon weld yang ada di Property Bar). Keempat lingkaran akan menjadi satu objek. Kita sebut objek kelopak saja ya objek ini.

 2. coreldraw weld

3. Kemudian beri warna objek kelopak dengan fountain fill dari toolbox (atau tekan saja F11). Pada type, pilih Radial. Isi nilai Horizontal: 100% dan Vertical -100%. Untuk warnanya beri warna awal/From: Red dan warna berikutnya/To: Chalk. Lalu klik OK.

 3. warna kelopak coreldraw

4. Masih dengan objek kelopak, tekan F12 untuk menampilkan jendela Outline Pen Tool. Pilih warna putih (White) pada pilihan warna/color. Dan pilih 2,5mm untuk ukuran/width outlinenya. Lalu klik OK.

 4. outline pen dailog

5. Buat lagi sebuah lingkaran dengan Ellipse tool. Lingkarannya sedikit lebih kecil dari yang kita buat pada langkah pertama. Tekan F12 untuk menampilkan jendela Outline Pen Tool, pilih warna Neon Purple dan ukuran/width: 2,5mm.

 5. neon purple outline coolor

 Beri warna lingkaran tersebut dengan warna ungu dari palet warna RGB (R: 255 G:0 B:255). Jika anda belum memasang palet warna RGB, klik Menu Window >> Color Palettes >> RGB Palettes.

6. warna rgb palet

Sekarang buat gradasi warnanya, tekan F11. Akan muncul kotak dialog Fountain Fill Tool. Pada Type, pilih Square. Beri nilai Horizontal: 100% dan Vertical -100%. Untuk warnanya biarkan saja warna awal/From dan warna berikutnya/To: Blue Purple. Lalu klik OK.

 7. Fountail tool coreldraw

6. Buat dua buah lingkaran dengan Ellipse Tool dan biarkan kedua sisinya bersinggungan, kita akan membuat daunnya. Seleksi kedua lingkaran tersebut, lalu klik menu Arrange >> Shaping >> Intersect. Hapus kedua objek lingkaran jika sudah.

 8. interset daun

7. Salin objek daun hingga manjadi 6 buah. Dan beri variasi ukuran besar kecilnya seperti gambar di bawah ini.

 9. daun coreldraw

8. Seleksi keenam objek daun tersebut dan buat width outlinenya menjadi 2 mm dengan Outline Pen tool di toolbox. Kemudian letakkan keenam objek daun diatas objek bunga. Atur kemiringan daun hingga seperti gambar di bawah ini. Beri daun tersebut warna hiau dari palet warna RGB (R: 0 G:255 B:0).

 10. sketsa daun

9. Sekarang kita beri gradasi warna pada daun. Dua daun yang di atas berbeda pengaturannya dengan empat daun yang dibawah. Klik pada salah satu daun yang di bawah, lalu tekan F11. Akan keluar jendela Fountain Fill tool.

Pada jendela Fountain Fill, pada Type, biarkan tetap linear. Pada kolom warna To, pilih warna Green. Dan ganti nilai Angle menjadi 23. Lalu klik OK. Ulangi langkah ini untuk ketiga daun lainnya yang dibagian bawah.

11. warna daun

Untuk dua daun yang dibagian atas, langkahnya sama dengan daun yang dibawah. Tapi berbeda antara daun yang kiri dengan yang kanan. Untuk daun atas yang di kiri beri nilai Angle: -30 dan Edge pad: 5. Sedangkan yang kanan beri nilai Angle: -90 dan Edge pad: 30.

 12. fountain fill daun atas

Setelah diwarnai, seleksi keenam objek daun tersebut lalu tekan Ctrl + G agar keenam objek tergabung menjadi satu objek. Beri outline/garis tepi daun dengan warna putih menggunakan Outline Pen tool (F12). Kemudian pindahkan objek daun ke lapisan belakang. Caranya, klik kanan objek daun lalu pilih To back of layer.

 13. to back of layer

10. Sekarang gabungan ketiga objek yang telah kita buat, kelopa bunga, lingkaran yang di tengah dan daun. Caranya seleksi ketiga objek tersebut lalu tekan Ctrl + G. Setelah tergabung, copy ia menjadi dua, beri warna abu-abu (C:0 M:0 Y:0 K:30) untuk objek yang pertama.

14. copy shadow coreldraw

11. Sekarang tutupi objek bunga yang pertama (yang berwarna abu-abu) dengan objek bunga kedua. Sisakan sedikit bagian pinggirnya sehingga ia terlihat seperti bayangan dari objek bunga yang kedua. Efek bayangan dan outline yang lebar membuat objek tampak seperti stiker. Selamat mencoba.

 15. done

Untuk Referensi dan pembelajaran, berikut Penulis sediakan link download terhadap gambar diatas.

Download

Silahkan tulis di kolom komentar jika link tidak berjalan ataupun tidak berlaku lagi.

Tulis juga jika file yg Anda download tidak kompatibel dengan CorelDraw yang kalian/pembaca punya saat ini.

 

Iklan

5 responses to “Cara Membuat Stiker Bunga dengan CorelDRAW

  1. Ping-balik: Cara Membuat Hidung Karakter Anime / Manga dengan CorelDRAW | Keripik Citul·

  2. Ping-balik: Cara Membuat Burung Twitter di Corel DRAW | Keripik Citul·

  3. Ping-balik: Membuat Masker dengan Coreldraw | Keripik Citul·

Tulis Komentar atau pertanyaan disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s