Cara Membuat Jepit Rambut dengan CorelDRAW

Jepit rambut biasanya digunakan oleh karakter cewek yang masih kecil hingga remaja. Jepit rambut dapat berfungsi sebagai penjepit rambut, atau bisa juga sebagai aksesoris belaka.

1. Buat sebuah lingkaran lonjong dengan Ellipse tool kemudian miringkan ke kiri dengan kemiringan 243,5 derajat. Kemiringan lingkaran dapat diatur melalui property bar.

1. lingkaran awal
2. Klik kanan pada lingkaran, lalu pilih Convert to Curves.

2. convert ellipse to curves in coreldraw
3. Klik lingkaran tersebut lalu tekan F10. Tarik sisi bagian kiri bawah lingkaran ke atas sedikit.

3. shaping ellipse in corel
4. Salin objek tersebut. Perkecil, lalu letakkan di tengah-tengah objek lingkaran tersebut.

4. copy ellipse
5. Gunakan Shape tool, perkecil dan perpanjang objek yang kita salin tadi hingga menjadi seperti gambar dibawah ini.

5. nanananana
6. Seleksi kedua objek tersebut, lalu klik menu Arrange >> Saping >> Trim. Objek bagian atas (yang kecil) akan memotong objek bagian bawah. Setelah melakukan trim, hapus objek bagian atas tadi. Untuk memastikan trim Anda benar, Anda dapat mewarnainya dan mendapati bahwa objek ini bolong dibagian tengahnya.

6. ninininini
7. Buat sebuah lingkaran kecil dan letakkan di bagian pojok bawah objek tersebut. Kemudian lakukan Trim lagi seperti yang kita lakukan dilangkah sebelumnya.

7. trim objek di coreldraw
8. Karena benda seperti ini biasanya terbuat dari besi, maka ia perlu sedikit berkilau ya kan. Maka kita akan menambahkan efek pantulan cahaya juga disini. Buat sebuah persegi dengan Rectangle tool, Letakkan di tengah objek tersebut.

8. membuat persegi dengan coreldraw
9. Seleksi objek persegi dan objek jepitan tersebut, lalu klik Menu Arrange >> Shaping >> Intersect. Setelah itu perkecil objek persegi dan letakkan di samping kiri hasil intersect tadi. Seleksi persegi kecil yang baru kita buat tadi dan juga objek jepitan, kemudian lakukan intersect lagi. Buang objek persegi.

9. penambahan persegi pada objek
10. Beri objek efek pantulan cahaya dengan warna yang lebih muda dari warna objek jepitan. Hilangkan outlinenya (seleksi objek >> Outline tool >> No Outline).

10. cara memberi efek cahaya pada coreldraw
11. Anda tentu saja dapat melakukan modifikasi agar jepitan ini menjadi seperti yang Anda inginkan. Seperti jepit rambut kupu-kupu ini misalnya.

11. jepitan rambut kupu-kupu
Shinka Nibutani, Salah satu chara anime yang menggunakan jepit rambut

cara membuat anime dengan jepit rambut

 

Untuk Referensi dan pembelajaran, berikut Penulis sediakan link download terhadap gambar diatas.

Download (CDR)

Download (SVG)

SVG Adalah versi vector yang bisa dibuka di berbagai aplikasi drawing seperti Adobe Illustrator, Inkscape, dll.

Silahkan tulis di kolom komentar jika link tidak berjalan ataupun tidak berlaku lagi.

Tulis juga jika file yg Anda download tidak kompatibel dengan CorelDraw yang kalian/pembaca punya saat ini.

Tutorial lain yang mungkin ingin Anda coba:

Cara Menggambar Kacamata dengan CorelDRAW

Cara Membuat Kalelawar di CorelDRAW

Cara agar Gambar Desain Mengikuti Kontur Kaos di Coreldraw

Iklan

3 responses to “Cara Membuat Jepit Rambut dengan CorelDRAW

  1. Ping-balik: Cara Membuat Wajah Anime atau Manga dengan CorelDRAW | Keripik Citul·

  2. ini nibutani ya min hehe ^_^
    min kalo bikin manga/anime berdasarkan foto orang asli ada tutor nya ga ya ^_^

    • yoi2 shinka nibutani nama panjangnya kalo ngga salah,
      kalau berdasarkan foto orang asli sih seharusnya tinggal perhatiin baik2 bagian2 tubuhnya yang mencolok gan, misalnya garis wajah, ketebalan bibir, gaya rambut, dan lain sebagainya

Tulis Komentar atau pertanyaan disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s