Cara Membuat Wajah Anime atau Manga dengan CorelDRAW

Setelah sebelumnya telah dipaparkan pembuatan organ-organ tubuh bagian wajah, sekarang saatnya kita membuat wajah itu sendiri. Kan ga lucu juga kalau Cuma mata kuping dan mulut doang tapi ga ada wajahnya, hehe.
Di tutorial ini akan dijelaskan cara pembuatan wajah serta posisi-posisi organ-organ wajah seperti yang telah kita pelajari sebelumnya.

Di tutorial ini kita hanya akan membuat wajah dan penempatan organ-organ wajah dengan lebih presisi, jika Anda ingin membuat organ-organ yang diperlukan, silahkan kunjungi halaman-halaman di bawah ini.

Cara Membuat Mata Manga / Anime

Cara Membuat Hidung Manga / Anime

Cara Membuat Mulut Manga / Anime

Cara Membuat Rambut Manga / Anime

Cara Membuat Telinga Manga / Anime

Cara Membuat Alis Manga / Anime

 

1. Sekarang kita mulai membuat objek wajah Anime atau Manga ini, Buat sebuah lingkaran dengan menggunakan Ellipse Tool.

1. bulat telur coreldraw

2. Buat palang yang membentuk simbol tambah [+], Anda dapat menggunakan Bezier tool atau 2-point line tool.
2. add plus symbol coreldraw
3. Buat bagian dagu dan pipinya. Pertama-tama kita harus membuat objek lingkaran dapat dibentuk sesuka kita. Klik kanan pada objek lingkaran lalu pilih Convert to Curves (Ctrl + Q).

3. convert to curves pada coreldraw

4. Buat lagi sebuah garis diantara garis tengah dan titik bawah objek lingkaran, ini untuk mempermudah kita membuat pipi.
4. langkah membuat pipi di coreldraw
5. Klik lingkaran, kemudian tekan F10 agar lingkaran berada pada mode shape tool. Klik kanan di node/titik lingkaran bagian kanan lalu pilih Cusp. Lakukan hal ini pada node disebelah kiri dan bawah lingkaran.
5. cusp di coreldraw
6. Buat bagian dagu dan pipi menggunakan shape tool. Untuk membuat dagu, turunkan terlebih dahulu node/titik lingkaran bagian bawah sedikit lebih kebawah.

6. cara membuat pipi dan dagu anime manga dengan coreldraw

7. Perbesar objek lingkaran bagian atas karena ini akan menjadi bagian kepalanya.

7. membuat bagian kepala manga atau anime dengan coreldraw

8. Kemudian tambahkan mata dan alis. Mata dapat diletakkan di garis (horizontal) tengah namun sedikit lebih kebawah. Jarak antara kedua mata adalah kira-kira cukup ruang untuk satu mata.

8. penempatan mata pada wajah manga

9. Sekarang tambahkan hidung dan mulutnya. Hidung berada pada titik palang kedua, sedangkan mulut berada diantara hidung dan dagu.

9. membuat mulu dan hidung pada anime dan manga dengan coreldraw

10. Kemudian tambahkan telinga. Telinga berukuran sebesar jarak antara hidung dan mata.
10. penambahan kuping pada anime dan manga
11. Terakhir tambahkan rambut pada wajah. Beri jarak Antara batok kepala dengan rambut.

11. cara membuat wajah manga atau anime dengan coreldraw12. Tambahkan rambut belakang bila perlu. Rapikan bagian yang perlu dirapikan, kemudian hapus garis bantu. Selesai.

12. tutorial membuat wajah manga dan anime dengan corel draw

 

Untuk Referensi dan pembelajaran, berikut Penulis sediakan link download terhadap gambar diatas.

Download (CDR)

Download (SVG)

SVG Adalah versi vector yang bisa dibuka di berbagai aplikasi drawing seperti Adobe Illustrator, Inkscape, dll.

Silahkan tulis di kolom komentar jika link tidak berjalan ataupun tidak berlaku lagi.

Tulis juga jika file yg Anda download tidak kompatibel dengan CorelDraw yang kalian/pembaca punya saat ini.

 

Ini adalah salah satu desain wajah yang penulis buat di coreldraw melalui hasil tracing:

desain cover

Download (CDR)

Download (SVG)

Berikut hasilnya setelah diwarnai, penulis mewarnainya dengan Coreldraw juga. Dan hasilnya memang cukup memuaskan.

cover 4 desain

Download (CDR)

Download (SVG)

Jadi, sebenarnya, dengan aplikasi sederhana seperti CorelDraw pun kita dapat membuat desain dan gambar-gambar yang bagus, tinggal kitanya saja yang harus mengasah kemampuan kita agar menjadi lebih baik kedepannya.

Untuk pembuatan wajah, kita juga dapat menambahkan beberapa aksesoris menarik yang dapat meningkatkan penampilan karakter yang kita buat. Ini telah penulis sediakan beberapa tutorial yang dapat dicoba oleh pembaca. pembuatan aksesoris lebih mudah kok dari pembuatan organ-organ wajah, silahkan dicoba.

Cara Menggambar Kacamata dengan CorelDRAW

Cara Membuat Anting dengan CorelDRAW

Cara Membuat Jepit Rambut dengan CorelDRAW

Cara Membuat Ikat Rambut / Kuncir dengan CorelDRAW

Membuat Headband/Ikat kepala dengan Coreldraw

Membuat Masker dengan Coreldraw

 

 

Tutorial lain yang mungkin ingin Anda coba:

11. cara membuat kursi santai di corel draw

Cara Membuat Kursi Pantai di CorelDraw

18. how to create basket ball using coreldraw

Cara Membuat Bola Basket Realistik dengan Coreldraw

1. cara membuat burung twitter dengan coreldraw

Cara Membuat Burung Twitter di Corel DRAW

Iklan

46 responses to “Cara Membuat Wajah Anime atau Manga dengan CorelDRAW

  1. Ping-balik: Cara Membuat Desain Kaos dengan CorelDraw | Keripik Citul·

  2. Ping-balik: Cara agar Gambar Desain Mengikuti Kontur Kaos di Coreldraw | Keripik Citul·

  3. Ping-balik: Cara Membuat Kalelawar di CorelDRAW | Keripik Citul·

  4. Ping-balik: Cara Membuat Alis Karakter, Manga dan Anime dengan CorelDRAW | Keripik Citul·

  5. Ping-balik: Cara Membuat Ikat Rambut / Kuncir dengan CorelDRAW | Keripik Citul·

  6. wah nice mas 🙂

    coba pakai SAI mas itu garis garis lebih mantep :3
    cocok buat materi anak ajar saya klu dasar corel gni 🙂
    thanks mas

  7. Om saya Mau buat karakter. mukanya udah jadi tapi saya kesusahan buat dirambut boleh kah rambutnya saya ambil om ?? 🙂

  8. Umm… Cusp di Corel Draw saya gak bsa di klik, kok aneh ya ? Apa ada yang salah ? Kalau yang lain sih bisa, cuma Cusp yang tidak bisa.

Tulis Komentar atau pertanyaan disini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s